Game Membangun Kota Terbaik untuk Laptop dan PC

Sebagian besar pemain mungkin sudah tahu bahwa SimCity adalah salah satu game yang merevolusi genre pembangunan kota. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, para developer kini telah menghasilkan banyak game city building yang tidak kalah seru dari SimCity.

Meski menawarkan premis yang sama, setiap game memiliki konsep setting game yang berbeda, seperti membangun kota di planet lain. Para developer pun tak segan-segan menambahkan elemen survival, politik, dan strategi untuk membuat game city building lebih seru dan menantang.

Untuk memenuhi tantangan tersebut, Carisignal merekomendasikan kurang dari 10 game pembangunan kota yang harus dilihat di platform PC. Berikut ulasan lengkapnya.

Sumber : kampungcourse.id

Frostpunk (2018)

Frostpunk adalah game survival pembangunan kota yang berlatar tahun 1886. Ceritanya mengikuti letusan gunung berapi Krakatau dan Tambora yang menyebabkan musim dingin vulkanik yang panjang di seluruh dunia. Pemain nantinya akan mencari tempat berlindung baru dan membangun peradaban untuk melindungi diri dari kondisi dunia yang tegang.

Para pemain adalah bagian dari kelompok bertahan hidup yang terdiri dari pekerja, insinyur, dan anak-anak. Pada awalnya, pemain memiliki sumber daya yang terbatas untuk membangun kota. Selanjutnya, pemain harus mengumpulkan kayu, batu bara, baja, dan makanan agar semua orang tetap hangat dan hidup.

Saat bermain game, pemain dapat menggunakan opsi perintah untuk mendapatkan bantuan warga dalam penegakan hukum, serta opsi iman untuk menegakkan hukum. Pemain juga harus membangun semacam bengkel untuk membangun kota secara efisien dengan sumber daya minimal.

Koloni Gagak (2017)

Pemain akan terlibat dalam membangun kota manusia baru di planet asing bernama Aven Prime, yang jaraknya jauh dari Bumi. Selanjutnya pemain harus melacak semua pekerjaan konstruksi, sumber daya, dan orang-orang yang tinggal di koloni. Anda dapat membuat berbagai jenis bangunan seperti gedung pencakar langit, elevator luar angkasa, pemukiman dan lainnya.

Setiap bangunan dalam game ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan warga, seperti: B. Produksi oksigen, tempat tinggal, budidaya makanan, ekstraksi sumber daya, perlindungan, eksplorasi, dan perluasan pemukiman. Pemain juga harus melindungi koloni dari ancaman cuaca ekstrem dari badai, debu, dan gas beracun.

Selain itu, ada juga makhluk asing yang selalu mengganggu dan bisa menyerang koloninya kapan saja. Serangan alien dapat dicegah dengan membangun pertahanan untuk memastikan keamanan semua penduduk koloni.

Tropis 6 (2019)

Dalam game ini, pemain berperan sebagai El Presidente, pemimpin negara kepulauan Karibia di Tropico. Selain itu, pemain memiliki kekuatan untuk membangun kota di seluruh wilayah nusantara. Pemain dapat membangun jembatan untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya.

Tentu saja, sebagai pemimpin negara, pemain bebas bertindak bebas terhadap warganya. Jika para pemain agresif terhadap warganya, mereka akan memulai pemberontakan. Lebih buruk lagi, produktivitas kota-kota yang dibangun akan menurun.

Tropico 6 mendapat review positif dari kritikus dengan review di Metacritic memberikan skor 78/100. Pada tahun 2019, game ini dinominasikan untuk The Game Awards dalam kategori Best Strategy Game.

Bertahan di Mars (2018)

Manusia akhirnya bisa hidup di planet Mars, tapi tidak di kehidupan nyata, tapi di game ini. Manusia memiliki misi utama membangun peradaban di planet merah ini. Oleh karena itu, pemain harus membangun kota di Mars dan bertanggung jawab atas semua sumber daya produksi, serta mengelola bangunan semua warga.

Untuk mendukung kehidupan manusia di Mars, pemain harus memperhatikan kebutuhan oksigen, air, tempat tinggal, dan makanan. Game ini juga memiliki jalan cerita yang disebut Misteri di mana pemain akan menghadapi wabah, perang, persaingan perusahaan, dan pemberontakan alien.

Tahun 1800 (2019)

Setting waktu dalam game ini berlatar pada abad ke-19 ketika era industri sedang mencapai puncaknya. Game ini sendiri menawarkan genre city building yang penuh dengan elemen strategis. Anno 1800 memiliki cetak biru, atau fitur desain, yang membantu pemain saat mereka mulai merencanakan cara membangun kota.

Pemain harus mengelola kebutuhan penduduk, pekerja, dan pengrajin di pusat-pusat industri untuk menjaga kehidupan kota tetap dinamis. Game ini juga menawarkan pemain kesempatan untuk mengatur perdagangan, militer, dan semua jenis rute tantangan lainnya. Selengkapnya di lkbh-fhui.id

Anno 1800 menawarkan mode kampanye, kotak pasir, dan multipemain. Game ini juga menggabungkan elemen pertempuran dan pembangunan kota. Pemain akan menemukan diri mereka sepenuhnya di era klasik di mana pendapatan ekonomi kota dihasilkan sepenuhnya oleh perdagangan dan industri antarkolonial.

Pemukim (2018)

The Colonists adalah game yang terinspirasi oleh seri konstruksi perkotaan klasik seperti The Settlers. Pemain dapat menjalankan misi individu atau dengan bebas membangun koloni dalam mode kotak pasir. Para pemain dalam game ini mengendalikan tim robot yang bertujuan untuk mensimulasikan peradaban manusia.

Robot dikatakan telah melarikan diri dari Bumi dan mencari planet baru untuk membangun kota tempat tinggal untuk ditinggali. Pemain jelas harus membangun infrastruktur berupa sistem transportasi, jalan, kapal dan kereta api.

Selain itu, pemain harus memanen sumber daya alam, mengelola pertanian, mengelola produksi makanan, dan membuat ekspedisi untuk menemukan area dan teknologi baru. Ada dua misi terpisah dalam game ini, pemain dapat dengan bebas membangun kota atau menjelajah dengan melawan koloni yang dikuasai kecerdasan buatan (AI).

Penjahat (2014)

Untuk game ini, pemain akan mengelola warga yang terisolasi untuk terus tumbuh dan berkembang di lingkungan perumahan. Pemain akan mengelola kota, menggunakan warganya sebagai sumber daya untuk meningkatkan.

Pemain harus menugaskan mereka ke pekerjaan yang berbeda seperti: B. membangun infrastruktur atau memancing. Di sisi lain, pemain juga harus memenuhi kebutuhan mereka dengan memastikan pasokan makanan yang konstan. Pemain dapat mendukung kehidupan warganya dengan membangun berbagai struktur seperti rumah, bengkel, rumah sakit, pertanian, dan sekolah.

Selanjutnya jumlah penduduk akan bertambah seiring dengan lahir dan datangnya pendatang yang ingin menetap. Ada siklus penuaan di mana setiap penduduk hidup menua dan mati.

Kota: Skyline (2015)

Cities: Skylines adalah game simulasi pembangunan kota yang cukup kompleks namun sangat menantang untuk dimainkan. Di sini para pemainnya seperti walikota bahkan gubernur karena harus sangat detail saat merencanakan sebuah kota.

Dalam permainan ini, pemain harus mengelola kota dari berbagai aspek seperti: B. Pajak, utilitas, zonasi, perencanaan jalan, transportasi, dan hal lainnya. Jika ingin keberlangsungan kota tetap terjaga dengan sehat dan nyaman, pemain harus mengelola polusi, kesehatan, anggaran keuangan, dan kebutuhan kerja setiap warga.

Karena aspek detailnya, game ini mendapatkan rating yang sangat bagus di berbagai laporan pengujian. Situs web IGN memberi game ini skor 8,5 / 10, Metacritic skor 85/100, dan majalah Inggris PC Gamer memberi game ini skor 86/100.

SimCity (2013)

Game ini merupakan remake dari seri SimCity sebelumnya. Pemain dapat menemukan pemukiman yang kemudian dapat berubah menjadi kota metropolitan. Kota ini kemudian dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi kawasan perumahan, komersial dan industri dengan tambahan layanan publik dan fasilitas transportasi.

Kota-kota yang dibangun dihubungkan oleh jaringan regional seperti jalan, kereta api dan saluran air. Setiap kota dapat bertukar sumber daya uniknya atau berbagi layanan publik seperti pengumpulan sampah dan perawatan kesehatan dengan tetangga.