Cara Daftar Dan Cek BSU (Bantuan Subsidi Upah) BPJS 2022

Buat kamu yang menerima bantuan gaji dari pemerintah, di sini kamu harus tahu berita tentang Cara Daftar Dan Cek BSU. Seperti yang kamu tahu sendiri pandemi covid 19 memberikan dampak yang luar biasa bagi para pekerja dan buruh. 

Tidak sedikit Para perusahaan yang melakukan pemotongan gaji sampai merumahkan pegawainya karena usaha yang dijalankan terhambat selama pandemi covid 19. 

Apa Itu Bantuan Subsidi Upah (BSU)?

Apa Itu Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bantuan Subsidi Upah atau BSU merupakan sebuah program implementasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya memulihkan ekonomi nasional dalam rangka mendukung atau memberikan kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi covid 19. 

Bisa dibilang BSU adalah bagian dari stimulus pemerintah yang sudah dikoordinasikan dan dibahas bersama tim Satgas pemulihan ekonomi nasional, Kemnaker, Kemenkeu, Kementerian BUMN dan BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek.

Baca juga: Situs Web Penghasil Uang Rupiah Per Hari 100% Tanpa Modal

Syarat Pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Syarat Pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Belum Kamu tahu Cara Daftar Dan Cek BSU, tentunya kamu harus tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pekerja atau buruh untuk menerima bantuan subsidi upah. 

Berikut dibawah ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti: 

  • Buruh atau pekerja merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan. 
  • Pekerja atau buruh penerima gaji dan terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial Ketenagakerjaan BPJS atau Jamsostek yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan. 
  • Buruh atau pekerja tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek hingga Juni 2020.
  • Aktif membayar iuran sebesar yang dihitung sesuai gaji dibawah Rp.5.000.000. Jumlah ini sesuai dengan gaji terakhir Yang dilaporkan pemberi kerja dan tercatat di BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Buruh atau pekerja mempunyai rekening bank yang aktif. 

Persyaratan Calon Penerima BSU Terbaru 2022

Sebelum tahu Cara Daftar Dan Cek BSU, tidak ada salah mengetahui beberapa Persyaratan Calon Penerima BSU terbaru.

Sesuai pasal 3 Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 para penerima bantuan subsidi upah wajib memenuhi 5 syarat berikut ini: 

  1. Sebagai warga negara Indonesia. 
  2. Sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021. 
  3. Memiliki gaji paling banyak sebesar Rp3.500.000 per bulan. 
  4. Para calon penerima BSU bekerja di wilayah PPKN level 3 beserta level 4 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 
  5. Diutamakan bekerja di sektor usaha industri barang konsumsi, aneka industri, real estate, transportasi, properti, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan atau kesehatan. 
  6. Menurut pasal 3A dijelaskan jika gaji yang dimaksudkan terdiri dari gaji pokok dan tunjangan tetap. 
  7. Penerima bantuan subsidi upah juga diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima program kartu pra kerja, bantuan produk usaha mikro dan program keluarga harapan.

Jumlah atau Nominal Bantuan Subsidi Upah

Jumlah atau Nominal Bantuan Subsidi Upah

Untuk nominal bantuan subsidi upah yang diterima pekerja atau buruh sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan atau total Rp 2,4 juta yang akan diberikan setiap 2 bulan sekali. 

Para pekerja atau buruh akan menerima uang subsidi sebesar Rp 1,2 juta setiap satu kali pencairan. 

Cara Daftar Dan Cek BSU (Bantuan Subsidi Upah) Beserta Penyalurannya

Berikut dibawah ini tata cara menyalurkan bantuan subsidi upah atau BSU yang berhasil OpenSid.id rangkum: 

  • Diawali dengan pendataan calon penerima subsidi yang berasal dari sumber data peserta aktif yang sudah dilaporkan oleh perusahaan dan tercatat di BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. 
  • BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi serta validasi data calon penerima subsidi gaji sesuai dengan kriteria persyaratan. Data yang sudah diverifikasi nantinya akan dituangkan ke dalam bentuk daftar calon penerima subsidi upah. 
  • Data sesuai syarat atau kriteria tersebut wajib dilaporkan BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan kepada pemerintah dan menteri tenaga kerja atau Menaker Sebagai pengguna anggaran. Dengan melampirkan surat pernyataan mengenai kebenaran data calon penerima subsidi upah yang telah diverifikasi dan divalidasi sesuai persyaratan serta data yang sampaikan oleh pemberi kerja. 
  • Kementerian tenaga kerja telah menetapkan penerima BSU berdasarkan daftar calon yang yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan. Hingga akhirnya akan disampaikan Surat Perintah membayar langsung BSU kepada Kantor Pelayanan perbendaharaan negara.
  • Kantor Pelayanan perbendaharaan negara nantinya menyalurkan Sugigi gaji melalui bank penyalur. Proses penyaluran akan dilakukan dengan pemindahbukuan dana dari bank penyalur kepada rekening digaji secara bertahap. 
  • Penyaluran bantuan pemerintah berupa subsidi gaji oleh bank penyalur dilakukan sesuai perjanjian kerjasama antara kuasa pengguna anggaran dengan bank penyalur (Pasal 7 Permenaker No.14/2020).

Cara Daftar BSU 2022 

Bagi kamu yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan subsidi upah berikut di bawah ini merupakan alur pendaftaran BSU 2021 sesuai dengan penjelasan di situs BSU.kemnaker.go.id. 

  • Buruh atau pekerja tidak dapat mendaftarkan diri secara individu. Akan tetapi data penerima didapat dari data yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker. 
  • Nantinya akan dilakukan verifikasi dan validasi oleh BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan peraturan menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021. 
  • Data yang sudah sesuai dengan syarat penerima BLT nantinya akan langsung dikirimkan ke Kementerian ketenagakerjaan. 
  • Bagi kamu yang belum terdaftar bisa langsung berkomunikasi dengan perusahaan tempat kamu bekerja. 

Cara Cek Penerima BSU

Jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan di atas maka bisa melakukan pengecekan BLT 7 dibagi dengan beberapa cara seperti di bawah ini. 

1. Melalui Web Kemnaker

Berikut langkah-langkah mengecas BLT subsidi gaji melalui web atau situs Kemnaker: 

  • Pertama buka browser di perangkat yang kamu gunakan lalu masuk ke halaman kemnaker.go.id
  • Kemudian daftar akun dengan melengkapi data yang diperlukan. 
  • Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP kamu. 
  • Selanjutnya masuk ke akun yang telah kamu buat sebelumnya. 
  • Silahkan lengkapi seluruh profil
  • Terakhir surat pemberitahuan. Ketika kamu terdaftar maka akan ada informasi yang menyatakan Jika kamu sudah terdaftar sebagai calon penerima BSU.

2. Melalui BPJS Ketenagakerjaan 

Berikut dibawah ini cara mengecek BLT subsidi melalui BPJS Ketenagakerjaan. 

  • Pertama buka terlebih dahulu situs ini https://BSU.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Kemudian pilih menu cek status calon penerima BSU
  • Setelah itu masukkan data diri seperti nama lengkap, NIK, dan tanggal lahir. 
  • Selanjutnya berikan tanda ceklis kode lalu tekan opsi lanjutkan
  • Langkah terakhir kamu bisa melihat status penerima bantuan subsidi upah

3. Melalui WhatsApp 

Berikut merupakan langkah-langkah mengecek BLT subsidi gaji Melalui aplikasi WhatsApp. 

  • Pertama simpan terlebih dahulu nomor BPJS Ketenagakerjaan di 0813 8007 0175. 
  • Setelah itu buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian kirim pesan apa saja untuk memperoleh balasan otomatis dari nomor tersebut. 
  • Nantinya kamu akan memperoleh balasan berisi pilihan layanan
  • Silahkan kamu pilih nomor 5 untuk melihat informasi calon penerima bantuan subsidi upah. 
  • Selanjutnya kamu akan menerima balasan kembali yang berisi pertanyaan, apakah Anda calon penerima bantuan subsidi upah? 
  • Apabila Iya kamu bisa membalas dengan menulis kata YA
  • Langkah terakhir kamu akan diminta untuk mengirim nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Penutup

Demikian pembahasan di atas mengenai Cara Daftar Dan Cek BSU. Dengan panduan diatas Apakah kamu sudah paham dengan langkah-langkah? Intinya supaya kamu bisa mendaftarkan diri agar menerima bantuan subsidi upah harus memenuhi persyaratan seperti diatas.